Tentang Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT)
SALUT (Sentra Layanan UT) adalah fasilitas UT yang berada di kota/kabupaten strategis untuk memberikan dukungan layanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.
Fasilitas layanan didukung dengan perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar secara online, melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara online, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.


Mengapa SALUT ?
UT adalah PTN dengan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) yang didirikan pemerintah pada tahun 1984. Terbuka artinya, siapa pun WNI yang telah menyelesaikan SLTA/Sederajat dapat mengikuti pendidikan tinggi di UT tanpa dibatasi tahun lulus, tahun ijazah dan usia. Konsep jarak jauh berarti pembelajaran ditandai dengan keterpisahan jarak antara dosen dan mahasiswa. Pembelajaran dijembatani melalui pemanfaatan beragam media yang didesain dapat dipelajari secara mandiri, baik dalam bentuk tercetak (disebut Buku Materi Pokok atau BMP atau modul) maupun non-cetak. Untuk membantu penguasaan kompetensi yang diterapkan, UT juga menyediakan layanan bantuan belajar yang disebut dengan tutorial atau bimbingan dalam modus tatap muka, online, siaran, maupun berbasis web. Fleksibilitas sistem PTTJJ ini memungkinkan semua WNI di mana pun mereka berada dapat mengakses layanan pendidikan tinggi UT tanpa terkendala jarak dan waktu.
Hingga tahun 2014, jumlah mahasiswa aktif UT sebanyak 426.503 orang. Mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di 23 negara, serta dilayani oleh 39 UPBJJ-UT di seluruh Indonesia. Kantor UPBJJ-UT tersebut berlokasi di ibu kota propinsi dan kota-kota besar. Kemajuan yang sangat pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) termasuk internet, sangat mendukung daya jangkau layanan UT. Namun demikian, ketersediaan infrastruktur dan keterjangkauan pemilikan perangkat TIK, tingkat literasi TIK masyarakat dan kultur belajar, di samping jarak domisili mahasiswa ke kantor UPBJJ-UT, merupakan tantangan yang harus dipecahkan secara sistematik dan sistemik.
Dengan demikian, pendirian SALUT memiliki dua tujuan utama. Pertama, untuk mendekatkan dan memudahkan layanan pendidikan UT bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kedua, meningkatkan penyediaan fasilitas yang dapat memudahkan perolehan akses dan pemerataan pendidikan tinggi serta peningkatan kualitas SDM Indonesia, sesuai dengan motto UT “Making Higher Education Open to All”.

Sejarah Salut STKOM Sapta Computer
Sentra Layanan Universitas Terbuka Kota Balangan (Salut STKOM Sapta Computer) diresmikan pada tanggal 27 Desember 2018 oleh Bapak Ir. Edward Zubir, M.M. selaku Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Banjarmasin. Salut STKOM Sapta Computer yang di kepalai oleh Dr. (Cand) Slametno M.M Selaku Direktur STKOM Sapta Computer
Salut STKOM Sapta Computer beralamat di Jalan A. Yani RT. 13. Kel. Paringin Kota Kec. Paringin Kab. Balangan. Mahasiswa pada saat ini sekitar kurang lebih 377 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Pendas dan Non Pendas serta mahasiswa beasiswa bidikmisi dan CSR. SALUT STKOM Sapta Computer mempunyai gagasan untuk berinovasi pengembangangan mahasiswa UT secara teknologi.

SALUT STKOM Sapta Computer menyediakan bermacam layanan UT sebagai berikut :

  1. Layanan informasi ke-UT-an
  2. Layanan administrasi akademik
    o Registrasi, baik pendaftaran mahasiswa baru ataupun registrasi matakuliah mahasiswa lama/berjalan (on-going)
    o Cetak nilai mata kuliah dan Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM)
    o Fasilitasi penyelesaian masalah administrasi akademik.
  3. Layanan kegiatan akademik
    o Pelatihan pengoperasian dan pemanfaatan komputer dan internet untuk mengakses sumber dan bahan ajar, serta kegiatan belajar yang tersedia secara online
    o Penyelenggaraan ujian online
    o Fasilitasi unggah karya ilmiah (karil)
    o Fasilitasi bagi mahasiswa yang ingin mengakses layanan perangkat komputer dan internet secara gratis di Lab Salut Tegal, untuk mengakses kegiatan Tuweb, Tutorial Online, TMK ataupun UAS secara online.
    o Membantu calon mahasiswa baru, dalam pengurusan administrasi alih kredit sampai ke proses unggah dokumen melalui laman RPL
    o Konsultasi, baik secara online melalui layanan contact centre, live chat ataupun secara offline
  4. Layanan pendukung
    o Fasilitasi pemesanan dan pengambilan bahan ajar UT (modul)
    o Fasilitasi interaksi antar mahasiswa atau mahasiswa dengan UT melalui berbagai modus, termasuk video conference